RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAR
Sekolah : SMPN 1 WARUNGGUNUNG
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami
wacana lisan melalui kegiatan wawancara.
Kopetensi Dasar : 9.1 Menyimpulkan pikiran,
pendapat, dan gagasan
seorang tokoh/nara sumber
yang disampaikan dalam
wawancara
Indikator : · Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
· Mampu menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber
· Mampu menuliskan
informasi yang diperoleh dari
wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
(2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan seorang tokoh/
narasumber
yang
disampaikan dalam wawancara.
B. Materi
Pembelajaran
Penyimpulan pikiran,
pendapat, dan gagasan
dalam wawancara
C. Metode
Pembelajaran
1.
Pemodelan
2. Inkuiri
3.
Penugasan
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (2
x 40 menit)
1.
Kegiatan awal (20
menit )
a.
Absensi lalu
berdo,a
b.
Mengulas sekilas pelajaran kemarin yang
berhubungan dengan yang akan di ajarkan sekarang
c.
Siswa dan
guru mendengarkan rekaman.
2.
Kegiatan inti ( 50 menit )
a.
Siswa
menemukan pikiran, pendapat, dan gagasan dari
tokoh/ narasumber yang didengar dari rekaman.
b.
Siswa menyimpulkan hasil wawancara
dari narasumber/ tokoh yang didengar dari rekaman
3.
Kegiatan akhir ( 10 menit )
Guru membentuk
kelompok untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan awal ( 15 menit )
a.
absensi lalu berdo’a
b.
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang
kegiatan berwawancara sebelumnya.
c.
Siswa berkelompok sesuai dengan pembentukan sebelumnya.
2.
Kegiatan inti ( 55 menit )
a. Siswa mendemonstrasikan wawancara di depan kelas.
b. Siswa memberi komentar yang
dikemukakan oleh kelompok lain.
3.
Kegiatan akhir ( 10 menit
)
a. Siswa dan
guru melakukan refleksi.
E. Sumber
Belajar
1. Rekaman wawancara
2. Buku pelajaran
Bahasa Indonesia
F. Penilaian
1. Teknik :
Tes
Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen : Uji Petik Kerja
3. Soal/
Instrumen :
1.
Tentukanlah pikiran/ pendapat dan gagasan
dari wawancara yang baru
saja Kamu dengar!
Pedoman Penskoran:
|
Kegiatan
|
Skor
|
|
a. Siswa dapat menemukan
pikiran, pendapat, dan gagasan dari rekaman
wawancara
|
3
|
|
b. Siswa
tidak menemukan
|
0
|
2.
Simpulkan secara
urut hasil mendengarkanmu dari wawancara tadi!
Pedoman Penskoran:
|
Kegiatan
|
Skor
|
|
a.
Siswa menyusun secara urut
|
3
|
|
b.
Siswa menyusun tidak secara urut
|
1
|
|
c.
Siswa tidak bisa menyusun sama sekali
|
0
|
3.
Demonstrasikan hasil kerja kelompokmu
di depan kelas!
Pedoman Penskoran:
|
Kegiatan
|
Skor
|
|
a.
Siswa mampu mendemonstrasikan dengan baik
|
4
|
|
b.
Siswa kurang bagus mendemonstrasikan
|
1
|
MEKANISME
PENGHITUNGAN NILAI, Skor Maksimal :
·
tugas no 1 = 3
·
tugas no 2 = 3
·
tugas no 3 = 4
total
keseluruhan = 10
NB
: Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 adalah
dengan rumus sebagai berikut
:
Perolehan
Skor
Nilai
akhir = ------------------------ X
Skor Ideal (100) =
. . Skor Maksimum (10)
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
SYAIBATUL HAMDI, M.Pd
|
Warunggunung,
4 januari 2012
Guru
Mata Pelajaran,
RIZKIATUL FADILAH, S.Pd.I
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar